Kawasaki Ninja 250R Baru Dipakai Balapan di Sentul, Langsung Juara

Kawasaki Ninja 250R Baru Dipakai Balapan di Sentul, Langsung Juara


Kawasaki Ninja 250R yang dibesut Ahmad Saugi dari tim WestStar TK Racing, sukses sikat podium pertama kelas One Make Race (OMR) Ninja 250 di salah satu klub event yang diadakan di sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat (28/9) lalu.

Tim ini baru turun balap di Seri III, langsung juara, sob! Jurusnya, minimalisir gesekan piston, main kompresi dan pakai part pendukung yang mumpuni. “Kilikan utamanya ada di piston. Gesekan dibikin minim lewat aplikasi piston merek TK Racing diameter 62 mm.
Kawasaki Ninja 250R Baru Dipakai Balapan di Sentul, Langsung Juara

Permukaan dinding piston TK lebih pendek dibanding bawaan motor. Sehingga, gesekan antara piston dan boring bisa direduksi. Alhasil, naik-turun piston lebih ringan,” terang Hadyanto alias Ahak dari Ahak Motor selaku chief mekanik Tim WestStar TK Racing.

Tinggi dome dibikin standar, kompresi diseting 12,5 : 1 untuk melahap Pertamax Plus. Cara untuk mendapat perbandingan kompresi tadi, blok silinder sedikit dicubit.
Kawasaki Ninja 250R Baru Dipakai Balapan di Sentul, Langsung Juara

“Blok bagian atas dipapas 0,5 mm dikombinasi paking,” terang Fahrurrozy yang featuring Ahak, mekanik kawakan era 2-tak. Supaya enggak mentok di kitiran tinggi, per klep pakai yang beda 1 ulir dibanding standar.

Setelah mesin bagus, giliran suplai bahan bakar. Setingan karburator dibikin basah, tujuannya supaya engine enggak kepanasan kala dibesut di lap-lap akhir. “Pilot jet pakai ukuran 42 dan main jet 105. Karena waktu balap, cuaca terbilang panas,” bilang Ahak, mekanik yang memulai karirnya sekitar tahun 1989.

“Tenaga motor bagus mulai dari bawah hingga tengah, atasnya masih kurang nyolok,” keluh Ahmad Sauqi, sang joki. Tim WestStar TK Racing, memutar otak.
Kawasaki Ninja 250R Baru Dipakai Balapan di Sentul, Langsung Juara

Setelah QTT selesai, power atas mulai dibenahi melalui seting ulang knalpot. “Solusinya hanya pakai knalpot R9 Racing Generation tipe Austin Titanium. Walau knalpot harian, yang penting power dapat,” tukas Ahak.

Terbukti saat motor didyno sehari sebelum race, knalpot sebelumnya yang dipakai hanya toreh power 29,82 dk/ 10.800 rpm dan torsi 15,39 Nm/8.100 rpm. Setelah pakai Austin, naik jadi 31,17 dk/12.100 rpm dan 15,52 Nm/10.100 rpm. Hasil ini, langsung dibungkus buat turun balap. Mantab! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Per klep     : TK Racing

Kampas kopling     : TK Racing

Sok belakang     : RPM

Per kopling     : TK Racing
http://dafan-olshop.blogspot.co.id/2015/07/slimming-belt-korset-4-step-untuk.html 
http://dafan-olshop.blogspot.co.id/2015/08/magic-eve-bra-purple.html